Yayasan galang bersama kami dan Dompet Dhuafa Sulteng membangun sebuah Masjid bagi para mualaf yang ada di dusun V Pakuku, Desa Takulang Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Dusun yang dihuni oleh kurang lebih 30 kepala keluarga itu, sebelumnya sama sekali belum memiliki bangunan Masjid, membuat mereka harus berjalan jauh menempuh jarak berkilo-kilo meter agar dapat melakukan ibadah di Masjid yang ada di dusun lain.

Dusun pakuku ini terletak didataran tinggi Desa Takulang. Untuk bisa sampai kesana, pengunjung harus menempuh jalur yang cukup sulit dan medan yang terjal, dengan kondisi jalanan yang rusak, curam, dan berbatu, jika musim kemarau akan berdebu dan jika musim hujan akan berlumpur.

Dusun Pakuku ini sering dijuluki sebagai Kampung Mualaf oleh warga Desa Takulang, karena seluruh warganya yang baru saja memeluk agama Islam. Hampir seluruh warga dusun Pakuku ini berprofesi sebagai petani dan peternak, dan berkategori masyarakat kurang mampu.

Kini mereka dapat tersenyum lega, pembangunan Masjid di Dusun mereka telah berjalan, dan hampir selesai  diharapkan dapat segera selesai dan akandilaunching bersamaan dengan puncak penyaluran program Kurbanesia 2022 di Dusun V Pakuku pada 09 Juli 2022 mendatang. “Alhamdulillah sekarang sudah punya Masjid,  kami sangat bersyukur dan berterimakasih” ujar salah satu warga.

Bantuan kepada Masjid dusun Pakuku ini adalah berupa bahan-bahan material untuk pembangunan yang dibelanjakan dari dana donasi dari para donatur. Riski mewakili Tim program YGBK dan DD Sulteng mengatakan selepas Masjid tersebut selesai. Kami akan kembali melanjutkan pembinaan dan pendampingan  program sosial dakwah seperti Guru Ngaji Tangguh juga pemberdayaan ekonomi dan lain-lain.

YGBK dan DD Sulteng berharap program pembangunan Masjid bagi pelosok ini akan dapat terus berlangsung demi menyiarkan dakwah Islam hingga ke pelosok negeri. Dan tentu saja ini semua tak lepas dari campur tangan serta kemurahan hati para donatur Yayasan Galang Bersama Kami dan Dompet Dhuafa Sulteng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *