Gempa Bumi Melanda Desa Lembantongoa: Bersama Tim Galang dan Humanity Disaster Center, Respon Awal Tangani Bencana

Tanggal 7 Agustus 2023

Desa Lembantongoa – Situasi darurat bencana gempa bumi di Desa Lembantongoa telah diumumkan oleh pemerintah pada tanggal 6 hingga 20 Agustus 2023. Tim Galang bekerja sama dengan Humanity Disaster Center telah melakukan assessment awal untuk merespons bencana yang melanda wilayah ini.

Berdasarkan laporan sementara yang diterima, bencana gempa bumi telah menyebabkan dampak serius terhadap sebagian besar wilayah Desa Lembantongoa. Status bencana ini telah ditetapkan sebagai tanggap darurat oleh pemerintah, menandakan bahwa langkah-langkah mendesak sedang diambil untuk membantu warga yang terdampak.

Posko bencana telah didirikan di Lapangan Desa Lembantongoa sebagai pusat koordinasi dan bantuan. Hingga saat ini, laporan mencatat bahwa 10 rumah mengalami kerusakan berat dan 20 rumah mengalami kerusakan ringan akibat gempa. Seorang warga perempuan dilaporkan mengalami luka ringan akibat peristiwa ini.

Pihak berwenang juga telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan di lokasi bencana. Tenda-tenda Dinas Sosial telah didirikan untuk memberikan tempat berlindung kepada pengungsi, dan rencananya akan segera dibangun Dapur Umum untuk memenuhi kebutuhan makanan. Selain itu, tenda-tenda kemensos juga telah dipasang untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Jumlah pengungsi sedang dihitung dan dikumpulkan oleh pihak desa untuk merencanakan langkah-langkah lebih lanjut dalam memberikan bantuan dan bimbingan kepada mereka yang terdampak.

Meskipun kebutuhan logistik mendesak telah terpenuhi untuk saat ini, bantuan dari pihak-pihak lain masih sangat diperlukan. Pos Bantuan Satu Pintu telah didirikan dan dipimpin oleh Kepala Desa untuk mengkoordinasikan sumbangan dan bantuan dari masyarakat serta pihak swasta.

Berita baiknya, kebutuhan akan obat-obatan telah tercukupi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, yang merupakan satu langkah penting dalam memastikan kesehatan dan kesejahteraan para korban bencana.

Dengan kerja sama antara Tim Galang bersama kami dan Humanity Disaster Center, serta dukungan dari pemerintah daerah dan berbagai pihak, diharapkan bahwa langkah-langkah tanggap darurat ini akan membantu mengurangi penderitaan warga Desa Lembantongoa dan memulihkan kehidupan mereka pasca bencana. Tim-tim ini tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan selama masa pemulihan yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *