Meskipun Rasulullah SAW tidak secara khusus menginstruksikan para sahabat untuk melakukan amalan tertentu pada bulan Safar, namun ada baiknya kita menambahkan ibadah harian selama bulan ini untuk meraih keutamaannya.

Berikut adalah beberapa amalan sunah yang bisa kita perbanyak pada bulan Safar:

  1. Berzikir kepada Allah SWT: Menjalankan zikir adalah amalan ringan namun mendatangkan banyak pahala. Zikir membuat kita senantiasa mengingat Allah. Salah satu zikir yang disebutkan dalam hadis adalah “Subhaanallah Wal Hamdulillah Walaailaaha Illallahu Wallahu Akbar”. Zikir ini dapat membantu kita mendapatkan berkah dan keberkahan.
  2. Shalat Duha: Rasulullah SAW bersabda bahwa shalat Duha memiliki nilai seperti sedekah. Jika tidak ada kesempatan untuk bersedekah sebanyak 360 kali, maka dua rakaat shalat Duha sudah mencukupi.
  3. Shalat Berjemaah di Masjid: Melaksanakan shalat berjemaah di masjid memiliki keutamaan khusus. Pahala shalat berjemaah di masjid lebih besar dibandingkan shalat sendirian.
  4. Membaca Al-Qur’an: Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang sangat dianjurkan. Setiap huruf yang kita baca memiliki pahala, dan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah.
  5. Bersalawat: Bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah tindakan yang mendatangkan pahala besar. Rasulullah SAW bersabda bahwa setiap kali kita bersalawat, Allah akan memberikan salawat kepadanya sepuluh kali.
  6. Membaca doa di antara azan dan iqamah: Membaca doa setelah azan dan sebelum iqamah memiliki keutamaan. Salah satu doa yang dianjurkan adalah doa ketika mendengar azan.
  7. Memperbanyak istighfar: Istighfar adalah memohon ampunan Allah atas dosa-dosa kita. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa rajin beristighfar akan mendatangkan kemudahan dalam menghadapi kesulitan.
  8. Memperbanyak ibadah: Melakukan ibadah yang ditujukan hanya untuk meraih keridhaan Allah adalah amalan yang sangat dianjurkan. Ini bisa termasuk menjalankan salat sunah, berpuasa, atau bersedekah.

Ingatlah bahwa setiap ibadah yang kita lakukan dengan tulus dan ikhlas akan mendatangkan pahala di mata Allah, tidak hanya pada bulan Safar, tetapi setiap saat. Bulan Safar adalah waktu yang baik untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah melalui amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *