Tanggal 7 Agustus 2023

Desa Lembantongoa – Dalam menghadapi bencana gempa bumi yang telah mengguncang Desa Lembantongoa, langkah tanggap darurat dari Galang bersama kami dan Humanity Disaster Center, di bawah kepemimpinan Anan. Koordinasi dan respon awal telah menjadi fokus utama untuk memberikan bantuan secepat mungkin kepada warga yang terdampak.

Pada tanggal 6 hingga 20 Agustus 2023, pemerintah secara resmi mengumumkan status darurat bencana, mengakui tingkat kegentingan situasi. Tim yang terdiri dari berbagai ahli dan relawan terlatih segera bergerak menuju Desa Lembantongoa, untuk menilai dampak dan mengambil langkah-langkah pertama dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak.

Dari hasil assessment awal, tampak bahwa dampak gempa bumi ini telah mengakibatkan kerusakan serius pada infrastruktur dan tempat tinggal. Hingga saat ini, 10 rumah telah mengalami kerusakan berat, sedangkan 20 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Selain itu, seorang warga perempuan tercatat mengalami luka ringan akibat gempa.

Di tengah situasi yang mendesak, posko bencana didirikan di Lapangan Desa Lembantongoa. Tim dari Galang dan Humanity Disaster Center bekerja sama dalam mendirikan posko ini, yang menjadi pusat koordinasi distribusi bantuan dan pemberian tempat perlindungan kepada pengungsi. Tenda-tenda dari Dinas Sosial telah didirikan, dan rencananya Dapur Umum juga akan segera dibangun untuk memenuhi kebutuhan makanan.

Kepemimpinan Anan dalam tim ini telah memberikan arahan yang efektif. Melalui pos Bantuan Satu Pintu yang dikelola oleh Kepala Desa, bantuan dari berbagai pihak diarahkan dengan baik. Meskipun kebutuhan logistik mendesak sudah terpenuhi sejauh ini, kerja sama antar kelompok dan dukungan dari masyarakat dan pihak swasta tetap sangat penting.

Selain itu, Dinkes Kabupaten Sigi telah memastikan bahwa kebutuhan akan obat-obatan juga tercukupi, yang membantu mengamankan kesehatan para korban dan pengungsi.

Dengan usaha bersama dari Tim Galangn bersama kami dan Humanity Disaster Centeryang di lakukan oleh anan dan tim diharapkan bantuan dan dukungan yang tepat waktu akan membantu masyarakat Desa Lembantongoa dalam mengatasi cobaan ini. Kolaborasi ini menjadi contoh nyata tentang bagaimana kerja sama antar tim dan kepemimpinan yang bijaksana dapat memberikan dampak positif dalam situasi darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *