Palu, 14 Agustus 2023 – Pemberdayaan petani bawang di daerah Palu kini mendapat dorongan baru melalui kerja sama antara PT PLN (Persero) UPT Palu dan Yayasan Galang Bersama Kami. Bukan hanya sekadar pelatihan, program pemberdayaan kali ini melibatkan bantuan berupa alat pertanian yang bertujuan meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen.

Alat-alat pertanian yang diberikan kepada kelompok petani bawang, termasuk kelompok “Dua Putri Trans” yang dipimpin oleh Pak Muhlis dan kelompok “Putra Tani” diharapkan dapat mempermudah proses bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen secara signifikan. Teknologi dalam pertanian seperti sistem pipanisasi dan peralatan pendukung lainnya akan membantu mengatasi beberapa tantangan yang selama ini dihadapi oleh petani lokal.

Selain alat pertanian, program ini juga memberikan bantuan dalam bentuk rumah produksi bawang goreng. Pak Muhlis dan Pak Dodi akan memiliki fasilitas untuk mengolah bawang mentah menjadi produk bernilai tambah seperti bawang goreng. Rumah produksi ini dilengkapi dengan peralatan kualitas terbaik dan berstandar sanitasi tinggi, memastikan keamanan dan kualitas produk olahan.

Pak Andi Samanglangi dari PLN menyatakan, “Bantuan ini merupakan lanjutan dari program pertama dalam bantuan csr ring 1 pln yang berlokasi di area sekitaran sutet.”

Kerja sama ini memberikan contoh konkret bagaimana teknologi dan bantuan infrastruktur dapat membantu mengubah paradigma usaha pertanian tradisional menjadi usaha yang lebih modern dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *