Sunah-sunah di hari Jum’at adalah amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim sebagai bagian dari ibadah dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa sunah di hari Jum’at:

1. Mandi Jumat (Ghusl):
Mandi besar (ghusl) di hari Jum’at sangat dianjurkan sebelum pergi untuk menunaikan shalat Jumat. Ini adalah bentuk persiapan fisik dan spiritual untuk menghadiri shalat Jumat.

2. Memakai Pakaian Terbaik:
Memakai pakaian yang bersih dan terbaik saat menghadiri shalat Jumat adalah sunah. Ini menunjukkan penghargaan terhadap ibadah dan mempersiapkan diri secara layak untuk hadir di hadapan Allah.

3. Memakmurkan Shalat Jumat:
Datang lebih awal ke masjid untuk menghadiri shalat Jumat dan mengisi tempat-tempat kosong terlebih dahulu. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian datang pada hari Jumat, maka datanglah dengan tenang, merenungkan kalimat-kalimat (dzikir), dan tinggalkanlah berdagang. Jika kalian melihat seseorang yang berdagang pada hari itu, maka katakanlah: ‘Apa yang kalian perdagangkan?’ Apabila mereka berbicara, maka bertasbihlah (bersuara memberikan dzikir).” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Mendengarkan Khutbah:
Mendengarkan khutbah Jumat dengan khusyuk dan perhatian adalah bagian dari ibadah. Khutbah memberikan pengajaran dan nasihat bagi umat Muslim, dan itu juga adalah saat untuk berdoa.

5. Membaca Surah Al-Kahfi:
Membaca Surah Al-Kahfi (Surah ke-18 dalam Al-Quran) di hari Jum’at memiliki keutamaan khusus. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan mendapatkan cahaya di antara dua Jumat (hingga Jumat berikutnya).” (HR. Al-Hakim)

6. Banyak Berdoa:
Menggunakan waktu di hari Jum’at untuk berdoa dan memohon kepada Allah adalah sunah. Ada saat-saat istimewa di hari Jum’at di mana doa-doa dikabulkan oleh Allah SWT.

7. Memberi Sedekah:
Memberikan sedekah di hari Jum’at memiliki keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Sebarkanlah salam, berilah makanan (orang-orang yang lapar), hubungilah tali persaudaraan, shalatlah pada malam saat orang-orang tidur, dan masuklah ke dalam surga dengan kesejahteraan.” (HR. Tirmidzi)

Bisa sedekah di : https://bersamakami.com/campaign/donatur-bulanan-untuk-kemanusiaan

8. Membaca Surah Al-Dukhan:
Membaca Surah Al-Dukhan (Surah ke-44 dalam Al-Quran) pada malam dan siang hari Jum’at juga memiliki keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca Surah Al-Dukhan pada malam Jumat, dia akan mendapatkan 70 ribu malaikat yang akan mendoakannya sampai pagi hari, dan barangsiapa yang membacanya pada siang Jumat, dia akan mendapatkan 70 ribu malaikat yang akan mendoakannya sampai malam.” (HR. Tirmidzi)

9. Berpuasa Jumat (Jika Dikombinasikan dengan Sabtu):
Jika memungkinkan dan tidak ada halangan, berpuasa pada hari Jum’at juga memiliki keutamaan, terutama jika dikombinasikan dengan puasa Sabtu (puasa Daud).

10. Memberi Salam Kepada Nabi Muhammad SAW:
Mengirim salam dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang dianjurkan, terutama di hari Jum’at.

11. Berdoa di Waktu Mustajab:
Sesuai hadis, terdapat saat-saat mustajab di hari Jum’at, seperti ketika imam duduk untuk khutbah dan antara waktu ashar dan maghrib.

Dengan mengamalkan sunah-sunah di hari Jum’at, umat Muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan keberkahan, dan merasa lebih terhubung secara spiritual dengan agama dan komunitas Muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *